PropellerAds

Validasi Textbox Hanya Bisa Diisi Huruf Saja di VB.net

~~Selamat Datang dan Selamat Membaca~~Saling Berbagi dan Saling Mengingatkan~~
 

Ketemu lagi nih dengan saya......
Dalam postingan kali ini saya akan membagikan cara mengatur atau validasi textbox agar hanya bisa diisi oleh huruf saja di VB.Net 2008. Dalam postingan saya yang sebelumnya saya sempat membuat validasi textbox harus diisi (tidak boleh kosong) dan validasi textbox hanya bisa diisi oleh angka saja.
Nah, sekarang kita akan membuat simulasinya atau kasusnya dulu. Sebagai contoh saya ingin menginputkan nama, maka sudah jelaskan yang namanya nama seseorang pasti tidak akan ada nomernya.
Jadi apa saja yang kita butuhkan?
  1. Form
  2. Module
  3. Textbox
  4. Button (bila perlu).
Terus langkahnya kaya apa? Simak saja dengan seksama!
  • Letakkan Textbox dan Button sesuai keinginan
  • Masuklah ke bagian kode textbox (double click saja textboxnya)
  • Pada bagian kode Textbox, ganti eventnya menjadi 'KeyPress' (letak eventnya dipojok kanan atas)
  • Kemudian buatlah sebuah function didalam module dengan kode programnya sebagai berikut:
  • Kemudian di Textbox dengan event 'KeyPress' tadi, anda tinggal masukkan kode berikut:
  • Setelah selesai anda tinggal coba running (F5), dan cobalah untuk memasukkan angka. Bila Textbox menolak diisi angka maka sudah jadi
Mungkin segitu saja yang bisa saya sampaikan, mungkin anda juga bisa membuat kombinasi-kombinasi dari berbagai validasi yang ada dalam satu textbox.
Sekian.........
::Semoga Bermanfaat::Terimakasih Banyak Sudah Membaca::Berkunjunglah Lain Waktu::
Latest


EmoticonEmoticon