PropellerAds

Membuat Kalender di VB.net

~~Selamat Datang dan Selamat Membaca~~Saling Berbagi dan Saling Mengingatkan~~


Seperti pada postingan saya sebelumnya, kalender pun tidak mempunyai banyak fungsi atau kegunaan yang cukup besar dan bisa juga di bilang hanya sebagai variasi saja.
Sekarang dalam postingan saya ini, saya akan mencoba untuk membagikan cara membuat kalender dalam sebuah form menggunakan "Month Calender". Dimana si kalender akan muncul bila kita meng-klik tanggal.
Bila anda belum tahu Cara Menampilkan tanggal/waktu, anda bisa baca tentang postingan saya yang sebelumnya.
Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Sediakan sebuah form (untuk tempat kalender),


  • Beri nama sesuai keinginan anda, kalau saya 'Form-calender.vb' (Tidak Ngaruh!!!),


  • Pilih dan tarik 'Month Calender' dari Toolbox ke form yang sudah disediakan tadi,


  • Sesuaikan ukurannya (terserah anda),


  • Atur agar Maximizebox dan Minimizebox tidak muncul (lihat gambar agar lebih jelas),


  • Masukkan kode Form_calender.ShowDialog() pada objek yang akan di klik. Sebagai contoh saya menggunakan Label3 dan nama form-nya Form_calender,


  • Tekan F5 untuk melihat hasilnya dan klik pada objek tadi (kalau saya Label3). Bila form muncul disembarang tempat anda bisa mengaturnya di properties form tersebut dan pada menu 'Start Position' pilih option CenterScreen(muncul ditengah layar) atau anda bisa mencoba option yang lainnya,


Catatan: Tanggal dan Waktu akan sesuai dengan konfigurasi pada PC yang anda pakai

::Semoga Bermanfaat::Terimakasih Banyak Sudah Membaca::Berkunjunglah Lain Waktu::


EmoticonEmoticon